Selasa, 12 Februari 2013

bidan teladan ROBIN LIM


‘’ ROBIN LIM ‘’


 







PROFIL LENGKAP :

NAMA                                                : Robin Lim
TEMPAT TANGGAL LAHIR          : Arizona, 24 November 1956
STATUS                                             : Menikah dengan Wil Hammer
MEMILIKI ANAK                            : 5 orang Kandung dan 3 orang angkat
ALAMAT                                           : Yayasan Bumi Sehat Bali, Banjar Nyuh Kuning,
 Ubud, Bali, Indonesia 80571
SERTIFIKASI BIDAN                     : North American Registry of Midwives dan tergabung
dalam Asosiasi Perbidanan Indonesia
ROBIN LIM                                       : Bidan Asal Bali Yang Menjadi Pahlawan Dunia






Pada 1994 Robin membuka klinik sederhana dengan peralatan terbatas untuk membantu persalinan ibu-ibu di sekitar desa tersebut secara gratis.Ia juga memberikan pelayanan kesehatan kepada anak balita.Tak hanya menunggu di rumah. Robin pun berkeliling dari satu rumah ke rumah lain, dan semakin meluas, dari satu banjar (desa) ke banjar lain.
Ibu dari 5 anak ini tak segan mendatangi para wanita hamil di desa-desa, menyapa mereka, dan membagi pengetahuan tentang proses kehamilan. Bagaimana agar wanita itu menjalani masa kemilannya dan melahirkan dengan sehat dan selamat.   Saat itu ia juga mulai bergerak, mengumpulkan dana untuk membangun klinik persalinan gratis yang lebih besar bagi yang kurang mampu, seperti yang disaksikannya di rumah sakit dan banyak rumah warga lainnya.
Robin pun dengan kerelaan hati dan penuh kasih sayang mengadopsi bayi dari wanita yang benar-benar tidak mampu membesarkan bayi mereka dan merelakannya untuk dirawat Robin.Hingga saat ini ada 3 anak yang sudah diadopsi Robin dari kliniknya, Yayasan Bumi Sehat.Sehingga jika ditanya anaknya ada berapa, spontan ia akan menjawab ‘8’.
Bersama para staf yang ia anggap sebagai keluarga, Ibu Robin juga hadir di daerah bencana seperti Aceh dan Yogyakarta untuk mengulurkan tangan pertolongan. Untuk membagi ilmunya, Robin sudah menerbitkan beberapa buku tentang kehamilan dan kelahiran. Diantaranya berjudul, After the Baby's Birth, Eating for Two, Placenta: The Forgotten Chakra, The Geometry of Splitting Souls (Poems).
“Suasananya nyaman sekali.Terutama orang-orangnya ya. Bidan-bidan di sana juga sangat membumi. Apalagi Robin yang menolong saya melahirkan. Dia selalu bilang, ‘I love you, everything is okay.’ Itu sangat menenangkan.” Opie Andaresta





Keinginannya tuk jadi seorang Bidan yang penuh cinta kasih berawal dari cerita duka saudara perempuannya ketika Robin Lim masih di Amerika Serikat yang meninggal akibat terlambat ditangani persalinannya oleh dokter ketika akan melahirkan.
Profesi bidan punya banyak tantangan. Tugasnya bukan sekadar membantu persalinan, namun juga menjadi mitra bagi perempuan, terutama di daerah, untuk lebih berdaya atas dirinya. Bagi Ibu penyuport Yes You Can It, Tiap nafas pertama bayi di bumi ini adalah perdamaian dan cinta.Tiap ibu seharusnya sehat dan kuat. Tiap kelahiran seharusnya aman dan menyenangkan.Tapi, dunia kita belum sepenuhnya sampai ke sana".
Bumi Sehat adalah klinik dimana sekarang Robin Lim mendikasikan pengabdiannya bagi kesehatan ibu dan anak di Indonesia.Khususnya di Bali dan Aceh Robin Lim tidak pernah memungut bayaran kepada pasien,bidan asal Amerika itu berusaha melawan arus komersialisasi persalinan.Semua bidan di Bali dan Aceh sekarang sibuk melayani ibu-ibu yang mau melahirkan, kata Robin.
Sejak tahun 2005 sudah ada 113 ribu orang mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dari Klinik Bumi Sehat. Selain ASI eksklusif ada satu hal yang penting diingat pasangan yang ingin punya anak.  “Ada resep gratis untuk punya anak yang lebih pintar yaitu ibu hamil harus banyak tertawa,atau dengan kata lain rileks. Ada hormon sedih namanya kortisol,kalau ibu hamil,banyak kuatir,banyak menangis,pasti banyak kortisol dalam badannya,itu akan berpengaruh pada otak anak nanti. Maka,ini jadi tugas Bapak untuk membuat ibu hamil sering tertawa,” papar Robin Lim.
Bicaranya tenang dan suaranya lembut,dan ia mampu menjelaskan pentingnya kesehatan ibu hamil dan bayi yang baru dilahirkan, dengan bahasa medis yang sederhana.Robin Lim melakukan pekerjaannya dengan tulus dan penuh dedikasi. Tidak pernah terpikir, bahwa satu ketika pekerjaannya sebagai bidan desa selama 20 tahun di Bali, membuat stasiun televisi terkemuka, CNN, memberinya gelar “Hero 2011”. Robin menceritakan kesannya, dalam suatu perbincangan di Pusat Kebudayaan Amerika, Minggu siang. 

Bidan punya andil besar atas kesehatan juga kesejahteraan ibu hamil, terutama di pedesaan.Berbagai cara dilakukan bidan untuk menjawab tantangan.Minimnya akses kesehatan,tak adanya biaya jelang persalinan,serta budaya setempat yang berdampak pada kesehatan ibu menjadi sejumlah masalah sekaligus tantangan yang dijawab bidan inspirasional peraih penghargaan CNN Hero of the Year 2011 ini.
Seorang bidan asal Amerika yang mengelola Klinik Bersalin di Bali, Robin Lim, terpilih sebagai pahlawan tahun ini oleh stasiun televisi internasional CNN, dia bergelar "2011 CNN Hero of the Year."Dalam acara penganugerahan "2011 Hero of The Year" di Los Angeles beberapa hari lalu, CNN menilai bidan itu telah berjasa membantu banyak perempuan miskin Indonesia menjalani masa kehamilan hingga persalinan mereka dengan selamat, mereka adalah pasien dari golongan tidak mampu yang dibebaskan dari biaya persalinan.Sebagai pemenang, Robin Lim mendapat hadiah US$250.000, itu ditambah hadiah US$50.000 sebagai salah satu dari sepuluh finalis CNN Hero of The Year. "Hadiah tersebut seluruhnya akan saya gunakan sebagai biaya untuk kelangsungan Yayasan Bumi Sehat", katanya dalam wawancara dengan sebuah stasiun televisi nasional.
Robin Lim adalah wanita kelahiran Arizona, Amerika Serikat, seorang bidan yang tergabung dalam North American Registry of Midwives dan Asosiasi Perbidanan Indonesia (Indonesian Midwifery Association). Ia terpilih menjadi salah satu nominasi CNN Heroes 2011. Saat ini Robin Lim memiliki Klinik Bersalin Bumi Sehat di Bali dan Aceh, selain itu Robin Lim juga memfokuskan sebagai sebuah LSM yang mendukung bantuan bencana serta kelangsungan hidup kesehatan ibu hamil dan anak yang efektif, antara lain bencana Tsunami Aceh, Gempa Bumi di Padang, Yoyakarta, dan Hati.Sudah sepantasnya jika Robin Lim menang, menjadi pahlawan bagi dunia dan Indonesia khususnya.
Bidan asal Bali menjadi pahlawan dunia dengan nominasinya sebagai Top 10 CNN Heroes, sebuah penghargaan yang diberikan pada orang bisa yang punya kontribusi bagi komunitas terdekatnya.Bidan yang bernama Robin Lim itu dinominasikan dalah penghargaan tersebut karena perannya membantu ibu di Bali melahirkan anak sehat dengan selamat. Ibu Lim, demikian Robin Lim biasa disapa di Bali, mendirikan Yayasan Bumi Sehat pada tahun 2003.
Yayasan tersebut menawarkan perawatan pra kelahiran dan bantuan melahirkan secara gratis dan sehat. Tujuannya ialah mengurangi angka kematian anak dan ibu pada proses kelahiran, yang masih termasuk tinggi di kawasan Asia. Ibu Lim menuturkan, motivasi mendirikan Yayasan Bumi Sehat berasal dari pengalaman pribadi.
"Saya kehilangan sahabat dan bidan yang membantu kelahirkan anak saya.Saya juga kehilangan saudara perempuan dan bayinya yang meninggal karena komplikasi saat kehamilan ketiga.Saya sangat terpukul," kata Lim pada CNN, Maret 2011 lalu.
Dari pengalaman tersebut, Lim memutuskan untuk tidak marah.Ia berupaya menjadi pihak yang mampu memberi solusi. Ia kemudian menjual rumahnya di Hawaii dan bersama suaminya memutuskan untuk pindah ke Bali. Asia serta Bali sendiri bukan tempat yang asing bagi Lim sebab ia dibesarkan di Filipina. Ada satu prinsip dalam pelayan Lim di Yayasan Bumi Sehat.
"Bintang rock ataupun pelacur, semua diperlakukan seperti pasien VIP di Bumi Sehat, dengan kebaikan dan penuh hormat. Tak ada yang jadi kaya dengan menjadi bidan.Kekayaan yang anda semua alami adalah nilai terbesar yang kami dapatkan," cerita Lim.
Seiring berkembangnya Yayasan Bumi Sehat, banyak kalangan pun mulai meminati.Ada juga ekspatriat dan selebritis yang memilih melahirkan di klinik ini dan memberikan donasi setelahnya.Masyarakat Bali pun banyak yang memilih melahirkan di Bumi Sehat.
80 Persen dari mereka mendapatkan layanan secara gratis. Saat tsunami terjadi di Aceh pada tahun 2006, Bumi Sehat membuka klinik di sana untuk melayani kalangan yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Dengan dua klinik yang ada di Bali dan Aceh, Bumi Sehat kini tengah melayani kelahiran 5000 bayi.Salah satu selebritis yang melahirkan di sini adalah Oppie Andaresta. Misi Bumi Sehat tentu akan terus berlanjut.
Menurut Informasi yang ©yafi20.blogspot.com dapatkan, Sebagai Top Ten CNN Heroes, Lim akan menerima US$50.000 untuk melanjutkan misinya.
Bicaranya tenang dan suaranya lembut, dan ia mampu menjelaskan pentingnya kesehatan ibu hamil dan bayi yang baru dilahirkan, dengan bahasa medis yang sederhana.
Robin Lim melakukan pekerjaannya dengan tulus dan penuh dedikasi. Tidak pernah terpikir, bahwa satu ketika pekerjaannya sebagai bidan desa selama 20 tahun di Bali, membuat stasiun televisi terkemuka, CNN, memberinya gelar “Hero 2011”. Robin menceritakan kesannya, dalam suatu perbincangan di Pusat Kebudayaan Amerika, Minggu siang.
“Waktu voting dan @America (Pusat Kebudayaan Amerika) melaporkan ada 20 ribu pemilih dan melaporkan setiap hari sebagai pengingat. Kita punya banyak teman di Indonesia. Saya pikir sewaktu masyarakat dunia mau memilih “number one Hero” pastilah (kandidat) yang lain yang dapat, karena (pasien) di Klinik Bumi Sehat tidak punya komputer jadi tidak bisa ikut memilih,” ujar Robin Lim.
Perempuan berdarah campuran Filipina-Amerika Serikat ini mengatakan kliniknya teramat sederhana.Meraih penghargaan CNN Hero membuka kesempatan bagi Klinik Bumi Sehat untuk mendapatkan lebih banyak donor. Hadiah uang dari CNN yang sangat besar, akan digunakan sepenuhnya untuk memajukan klinik di Bali dan Meulaboh.
Yang pasti, Robin tidak akan berhenti mengkampanyekan “Gentle Birth”, yaitu memberikan perhatian pada ibu dan bayi yang baru lahir dengan penuh cinta dan keperdulian. Robin Lim, dalam suatu perbincangan di Pusat Kebudayaan Amerika, Minggu siang (15/1).